ilusi - Micha Rainer Pali

Get the flash player here: http://www.adobe.com/flashplayer


Sesuatu yang kita lihat adalah hasil persepsi atau penafsiran, dan sebetulnya dunia yang kita lihat, tidak tersedia tapi diciptakan oleh persepsi kita.

Aktualisasi sebuah peristiwa atau objek kadang sangat membantu tiap personal untuk memahami apa dan bagaimana peristiwa atau objek tersebut terjadi dan terbentuk. Aktualisasi kadang langsung mengarahkan kita kepada sebuah pengambilan kesimpulan sesuai dengan visualisasi peristiwa atau objek yang tampak nyata (aktual) di depan kita. Tapi apa kira-kira yang akan timbul di benak kita jika peristiwa atau objek tersebut divisualisasikan secara abstrak, tampak sekilas sekaligus tampak tidak nyata dan hanya menampilkan gestur-gestur objek yang agak "memaksa" nalar kita untuk berpikir dua langkah ke depan? Dari sini kemudian akan timbul gejolak persepsi yang berbeda-beda di pikiran kita,entah itu ini, anu, dia, mengapa, adalah, dan sebagainya. Kesimpulannya adalah saya hanya ingin mengajak kita semuanya untuk memahami suatu peristiwa atau objek (baik itu secara aktual atau abstrak) dengan memahami secara mendalam terlebih dahulu apa maksud atau tujuan yang ingin disampaikan sebelum kita mengambil kesimpulan agar persepsi kita tidak meleset. Berangkat dari penjelasan tersebut,maka saya mencoba menampilkan beberapa bentuk-bentuk visual sederhana memakai teknik fotografi hitam putih, dengan harapan kita supaya kita bisa menikmatinya bersama dengan tafsiran sesuai imajinasi Anda masing-masing.


Micha Rainer Pali, asal Lombok dan berdomisili di Bandung dalam rangka mengejar 'ilusi' akademis di salah satu perguruan tinggi kota kembang. Menyukai hal hal sederhana dalam kehidupanya.

portfolio: http://www.flickr.com/photos/movingmyself

2 comments:

  1. trimakasih komandan! smoga karya nya bs dimengerti dan dipahami,ehehe.
    Ngomong2 asal sy dari Tana Toraja, kbetulan ayah sy berdarah Lombok, tp spt kata Anonymous "apalah arti sebuah suku", ahaha...

    salam sukses komandan Karolus Naga .... God Bless!

    ReplyDelete
  2. ampun dah mic..master of illusion! saloet!

    ReplyDelete